--> Skip to main content

RUMPUT

BELAJAR DARI RUMPUT 


Tumbuhan liar yang kadang kita anggap sebagai tumbuhan yang sangat mengganggu keindahan dan tidak bermanfaat.

Tetapi dari tumbuhan rumput liar kita bisa banyak belajar tentang :

Bagaimana kita bisa hidup disegala tempat dan cuaca atau dengan kata lain bagaimana caranya agar kita bisa hidup dimana saja dan beradaptasi dengan lingkungan.



Rumput jika hanya sedikit akan kelihatan jelek dan jika banyak akan kelihatan bagus.

Disini kita bisa belajar bagaimana caranya agar kita bisa hidup rukun damai berdampingan sehingga menjadikan perbedaan itu sebagai pelangi dalam kehidupan.

Rumput yang nampak kecil dan lemah tapi bisa tumbuh diatas puncak gunung.

Disini kita bisa mengambil hikmahnya bahwa semakin tinggi ilmu seseorang maka seharusnya menjadi rendah hati atau istilah yang umum kita gunakan adalah ilmu padi.

Rumput walau dicabut, dipotong atau bahkan disemprot dengan obat pembasmi rumput tapi akan tumbuh kembali.

Maknanya bahwa kita haruslah mampu menghadapi segala macam cobaan hidup ini dengan penuh semangat dan kesabaran serta keikhlasan.

Rumput walaupun kita anggap sebagai tumbuhan yang hina, kotor dan tak berguna, tetapi rumput tetap akan tumbuh dan berkembang serta bisa memberi manfaat kepada hewan dan manusia.

Artinya siapapun diri kita walaupun dianggap hina atau jelek tetapi kita haruslah berusaha agar diri kita bisa menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesama.

Mampukah kita menjadi seperti rumput ?

Semoga semua makluk hidup didunia berbahagia..salam santun
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar