--> Skip to main content

INTROSPEKSI

INTROSPEKSI (MULAT SARIRA)





Kita tidak akan pernah bisa menilai diri sendiri sebab kita tidak dapat melihat kekurangan dan kelemahan diri secara objektif. Hanya orang lain yang sanggup melakukannya.

Seringkali kekurangan dan kelemahan diri ditutupi oleh sifat sombong, egois dan tidak mau kalah dibandingkan dengan orang lain. Merasa rendah jika harus menunjukkan kelemahan tersebut di depan orang banyak. Lantas menutupinya dengan perbuatan yang seolah-olah kita adalah orang hebat.

Orang lain tidak akan pernah bisa memperbaiki kekurangan dan kelemahan kita sebab mereka tidak memiliki akses untuk masuk ke dalam pikiran kita. Hanya kita sendiri yang mampu melakukannya.

Mereka hanya dapat memberikan nasehat dan masukan. Namun untuk memperbaiki semua kekurangan itu, amat bergantung kepada niat, kemauan dan tekad dari dalam hati. Bagaimana mengubah kekurangan menjadi kelebihan, mengubah negatif menjadi positif dan mengubah keburukan menjadi kebaikan.

🇸 🇴 🇧 🇦 🇹 🇰 🇺 🇾 🇦 🇳 🇬 🇧 🇺 🇩 🇮 🇲 🇦 🇳

Marilah kita senantiasa melihat ke dalam sanubari terdalam, apakah kita sudah melakukan hal terbaik dalam hidup ini? Tulus atau munafik? Ikhlas atau hanya sekadar pencitraan?

Berlaku dan berbuat sepantasnya hingga kita tidak mempermalukan diri sendiri dan orang lain, berucap, bertingkah dan berlaku hendaklah tidak merendahkan diri sendiri dan orang lain, jangan merendahkan diri sendiri karena kebutuhan tetaplah tegakkan kebenaran dan gunakan tuntunan nurani agar kita tetap selalu menjaga kebersihan hati dan jiwa, jika menuruti ingin dan angan diri noda dunia sudah pasti mengotori dan membuat kita tdak akan bisa ngaca akan keadaan diri kita berkaca pada kemampuan, keadaan dan kesejatian diri kita



Saat orang lain memberikan masukan atau kritikan, jangan marah atau emosi. Jangan langsung membantah tanpa berpikir dengan hati tenang, barangkali saja apa yang yang disampaikan itu benar adanya. Jangan pula menjadi apatis dan pura-pura tidak mendengar, bersikap cuek dan tidak mau tahu.


Cobalah melakukan introspeksi diri dan benahi apa yang tidak benar. Semua masukan itu pasti akan memajukan kita dan membuat hidup kita menjadi lebih baik.

Orang baik dengan kebaikannya akan memberikan kebahagiaan.
Orang jahat dengan kejahatannya akan memberikan pengalaman.
Orang terbaik pasti akan memberikan kenangan.
Orang terjahat pasti akan memberikan pelajaran.

Jangan bermimpi menemukan kedamaian, jika kita tidak dapat memupuk kesabaran melalui kekecewaan dan sakit hati.

Jangan berharap menemukan kesempurnaan, jika kita tidak berniat memperbaiki diri melalui kesalahan dan kekhilafan.

Jangan berangan-angan menemukan kebahagiaan, jika kita tidak mau bersyukur dan berterima kasih atas segala anugerah yang telah tersedia di depan mata....semoga anda memahami dengan baik, lalu bagaimana sebenarnya posisi anda saat ini ?

Mari kita berintrospeksi  kedalam diri, apa kita sebatas di mulut saja, apa anda dalam pencitraan diri atau  anda dalam bayang2 semu oleh ego anda.. atau anda ingin menawarkan diri dari pintu kepintu bahwa anda pura2 jadi malaekat penolong,...atau anda ingin di kagumi, ingin dipuji2..atau anda ada maksut terselubung, hanya anda sendiri yg tau, mari kita koreksi hati pikiran kita sendiri 


Semoga kebahagiaan selalu bersama kita semua
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar